Sejarah Singkat

Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember berdiri sejak tahun 1983 dan bisa dikatakan sudah cukup lama berdiri dan berdedikasi untuk mencetak pendidik–pendidik handal. Pada awal berdiri, di Jawa Timur hanya ada 3 Universitas Negeri yang memiliki program studi Pendidikan Fisika, salah satunya adalah Universitas Jember. Dosen tetap masa itu adalah Dra. Tjiptaning Suprihati dan dosen dari guru SMA yaitu Sutrisno (Guru Fisika SMA 1 Jember) sebagai koordinator sementara serta bapak  Drs. J.A Nazar. Program studi pendidikan fisika saat itu bertempat di gedung 1 dengan fasilitas awal yang dimiliki sangatlah sederhana yaitu satu ruang perkuliahan (yang terkadang masih meminjam ruang perkuliahan prodi lain) dan satu laboratorium. Selanjutnya pada tahun 1984 direkrutlah dosen baru yaitu Drs. Agus Subekti yang pada tahun itu pula beliau ditunjuk sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Fisika yang baru dengan ketua laboratorium adalah Dra. Tjiptaning S. Perkuliahan pada masa itu masih terus berkembang dengan sering mengundang dosen – dosen dari luar ( ITS atau dari Universitas lain). Pada masa itu juga sering dilakukan sharing dengan perguruan tinggi lain mengenai kurikulum dan hal-hal yang menunjang demi peningkatan kuliatas Program Studi Pendidikan Fisika. Pada tahun 1983 juga sudah terbentuk himpunan mahasiswa fisika yang disebut HIMAFI dengan ketua saudara Sudjatmiko. Kegiatan HMP Fisika ini bertujuan untuk mewadahi kegiatan dan kreativitas mahasiswa.

Seiring berkembangnya waktu, dosen Program Studi Pendidikan Fisika terus bertambah, dengan daftar dosen adalah sebagai berikut:

  • Pada tahun 1985 – 1989 : Drs. Sri Handono Budi P. M.Si; Prof. Dr. Sutarto, M.Pd; Drs. Singgih Bektiarso, M.Pd; Dra. Ari Yuhariyatun Nurhayati; Prof. Dr Indrawati, M.Pd; Drs. Maryani, M.Pd; Drs. Trapsilo P., M.Si; Drs. Yudha Cahyo Argo Haryadi;  Dr. Sudarti, M.Kes, dan Drs. Sujito, M.Si
  • Pada Tahun 1990 – 2000 : Dr. I. Ketut Mahardika M.Si; Drs. Alex Harijanto, M.Si; Dr. Sri Astutik, M.Si; Drs. Albertus Joko L., M.Si; Drs. Bambang Supriadi, M.Sc; Drs. Subiki, M.Kes; Dra. Prantasi Harmi Cahyani,; Drs. Agung Cahyo Nugroho; Dr. Yushardi, M.Si; Drs. Yusuf; Dr. Supeno, M.Si.
  • Pada tahun 2000-2017 : Rif’ati Dina Handayani, S.Pd, M.Si, Sri Wahyuni, S.Pd, M.Si, Rayendra Wahyu, S.Pd, M.Pd; Pramudya Dwi AP, S.Pd, M.Pd; Lailatul Nuraini., S.Pd, M.Pd; Aris Singgih, S.Pd, M.Pd; Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd.