fotoSABTU, 30 Mei 2015. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC)

Program Studi Pendidikan Fisika telah ikut berpartisipasi dalam acara pameran produk akademik. Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan dilaksanakannya Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC). Dipilihnya tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC), adalah dimaksudkan untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean. Sekaligus menunjukkan kesiapan Pendidikan Indonesia khususnya FKIP- Universitas Jember yang diwujudkan dalam pameran produk akademik.

Pameran produk akademik dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional yang bertempat di halaman Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Jember. Dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00. Peserta dari pameran ini adalah seluruh program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember. Setiap Program Studi (Prodi) berlomba-lomba untuk memamerkan produk akademik unggulan hasil karya mahasiswa dan dosen yang sesuai dengan disiplin ilmu tiap Prodi. Setiap Prodi disediakan stand pameran yang dapat di desain ulang sesuai dengan tema

Desain dengan tema ETNO-Sains yang diusung Pend Fisika sukses menarik perhatian pengunjung. Pengunjung yang datang sangat beragam, baik mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Jember, Universitas lain yang rela datang jauh-jauh dan para pelajar SMA/SMP. Tidak hanya mahasiswa dan pelajar, masyarakat luas pun tertarik untuk mengajukan pertanyaan dan mencoba alat-alat fisika yang dipamerkan. Dari pengunjung anak-anak hingga dewasa menunjukkan antusias yang baik saat berkunjung ke stand kami. Stand pameran Program Studi Pendidikan Fisika menjadi salah satu stand favorit para pengunjung.

Berbagai produk akademik yang dipamerkan di fisika tidak lain adalah karya terbaik mahasiswa fisika. Tentu saja alat yang dihasilkan merupakan aplikasi dari disiplin ilmu fisika yang didapatkan selama proses perkuliahan. Produk yang dipamerkan terdiri dari 2 jenis yaitu sebagai media pembelajaran dan praktikum. Produk sebagai media pembelajaran dihasilkan mahasiswa melalui disiplin ilmu yang didapat melalui mata kuliah Media Pembelajaran. Sedangkan sebagai alat praktikum dihasilkan mahasiswa melalui disiplin ilmu yang didapat melalui mata kuliah kuliah Teknik Laboratorium. Melalui 2 mata kuliah tersebut mahasiswa Prodi Fisika diberikan kebebasan mengembangkan kreatifitas yang diaplikasikan dalam alat dan media.

Berikut lampiran alat laboratorium dan media hasil karya dari mahasiswa yang dipamerkan di Stand Pendidikan Fisika, diantaranya;

  1. Teleskop Bintang dengan spesifikasi…………….
  2. Fire wave, yaitu media pembelajaran gelombang longitudinal. Alat yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan membantu dalam penyampaian materi gelombang yang abstrak sukses menarik perhatian pengunjung.
  3. Media cara kerja mesin 2 Tak dan 4 Tak, media yang didesain untuk menjelaskan cara kerja dari mesin motor.
  4. Alarm Sensor Sentuh.
  5. Tangki Riak, media untuk menunjukkan fenomena gelombang.
  6. Alat demonstrasi gaya Archimedes
  7. Bandul Reversibel.
  8. Satu set alat tegangan permukaan dengan sensor.
  9. Aplikasi LED solar Cell
  10. Seperangkat alat praktikum difraksi cahaya yang dimodifikasi.
  11. Alat ukur Emisivitas benda hitam.
  12. Satu set alat praktikum modifikasi plan pararel.
  13. Media pembelajaran berupa kartu domino fisika tiga kaki.
  14. Media pembelajaran gelombang longitudinal dan transversal.
  15. Beberapa CD interaktif pembelajaran praktikum alat teknik laboratorium yang ditayangkan selama pameran melalui LCD.
  16. Dan alat lain yang tidak dapat disebutkan satu-satu.

 

Leave a Comment