Archive | September 2020

POSITRON 2020

HIMAFI NEUTRON UNIVERSITAS JEMBER
PROUDLY PRESENT
.
Pengenalan dan Observasi Astronomi
💫 POSITRON PEKAN ILMIAH FISIKA 2020 💫
⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️
Pelaksanaan:
📅 : Minggu, 27 September 2020
🌐 : Zoom Meeting
⏰ : 18.30 WIB – selesai
📖 : Mekanika Benda Langit
.
Keynote Speaker:
Pratiwi Kusumawardani, S.Si., M.T.
(Founder of SPACEID – Spacecraft Operation Center Team BRIsat)

➡️ Link pendaftaran :
http://bit.ly/positronhimafi

💸 Biaya Pendaftaran: FREE
📌 Syaratnya kirimkan pamflet dan broadcast ke 3 group What’sApp

🚨 Terbuka untuk umum 🚨

Fasilitas:
– e Sertfikat
– Ilmu yang bermanfaat
– Jodoh jika beruntung

.
Mari Belajar Astronomi Bersama Astroclub Himafi Neutron.
Salam Astronomi🔭
.
More Information:

📸 Instagram : himafineutron_unej
📱 Facebook : himafi neutron
📩 Email : himafineutronuj@gmail.com
Twitter: HimafineutronU

Contact Person :
📞Fikri (0812-4949-1092)

#POSITRON
#himafineutron_unej
#himafi_2020
#mekanikabendalangit
#astroclubhimafineutron
#fokalisjatim

Prestasi Mahasiswa 2020

Prestasi membanggakan diraih oleh Mahasiswa Pendidika Fisika 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember yaitu Moch Bachrul Ulum (170210102087) berhasil meraih Juara 2 Lomba Essai Online Nasional dengan judul “Alternatif Pencegahan Penyebaran COVID-19 Melalui Kebiasaan Masyarakat Pedesaan” yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada tanggal 30 Agustus 2020

ASTROCLUB HIMPUNAN MAHASISWA FISIKA NEUTRON (ASTROCLUB HIMAFI NEUTRON)

Kegiatan POSITRON 2019

Pendahuluan: Awal Mula Astroclub Himafi Neutron

Sejarah Astroclub himafi neutron mulai dirintis 5 Mei 2013 oleh Agusta Danang Wijaya dan Hairlinda Arini Agustin. Namun saat itu masih belum ada wadah untuk menyalurkan keinginan membentuk sebuah club astronomi. Hingga pada akhirnya ditahun 2014 saudari HAirlinda disarankan untuk mengikuti Himpunan Mahasiswa Fisika Neutron (Himafi Neutron) untuk kemudian bergabung dengan bidang 5 yaitu tentang riset dan teknologi. Kemudian saudari Hairlinda menjabar sebagai koordinator teknologi dan mulai resmi membentuk club astro dibawah naungan Himafi Neutron. Pada awal dibentuk astroclub ini masih belum memiliki alat penunjang seperti teleskop untuk mengamati benda-benda langit. Hingga pada akhirnya prodi membeli teleskop dengan menggunakan uang iuran dari angkatan 2009 sebagai hadiah untuk program studi Pendidikan Fisika. Setelah memiliki teleskop, Astroclub Himafi Neutron semakin berkembang. Banyak melakukan kegiatan pengamatan dan semakin dikenal. Hingga pada tahun 2016 sempat terjadi vakum kegiatan karena adanya kerusakan pada teleskop yang membuat kerjanya tidak maksimal. Akhirnya prodi tidak memutuskan untuk tidak memberi izin teleskop keluar untuk kegiatan pengamatan. Namun pada tahun 2018 teleskop kembali dipercayakan kembali kepada Astroclub Himafi Neutron agar dapat digunakan untuk kegiatan di astroclub.

Program Kerja Astroclub Himafi Neutron

Pada awal berdiri, kegiatan Astroclub Himafi Neutron hanya sebatas pertemuan tak terjadwal untuk membahas seputar astronomi, setelah mempunyai teleskop kegiatan nya menjadi bertambah yaitu kegiatan pengamatan di hari-hari tertentu. Semakin hari semakin berkembang hingga pada tahun 2020 ini, kegiatan-kegiatan Astroclub Himafi Neutron terbagi menjadi dua: Kegiatan Rutin dan Kegiatan Non-Rutin.

a. Diskusi Astrofisika atau FGD Astroclub

Program kerja Astroclub Himafi Neutron dalan kegiatan rutinan adalah diskusi tentang astrofisika di grup WhatsApp, atau biasa kita sebut dengan FGD (Focus Grup Disscussion) Astroclub. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada hari Jum’at malam. Setiap FGD materi yang disampaikan sangat berkesinambungan dengan astronomi dan fisika, sehingga dapat membantu kami untuk memahami pengetahuan tentang astrofisika.

b. Observasi/Pengamatan

Selain itu, sebagai club astronomi tentunya kami mengadakan kegiatan-kegiatan peneropongan atau Observasi sebagai bentuk aplikasi materi-materi yang telah didapatkan dari FGD. Kegiatan Observasi rutin dilaksanakan satu kali dalam kegiatan Pekan Ilmiah Fisika (PIF) Himafi Neutron ada kegiatan yang disebut dengan POSITRON yang terbuka untuk umum. Tidak hanya dilaksanakan satu kali saja, akan tetapi terdapat kegiatan observasi yang dilaksanakan pada waktu tertentu.

Kegiatan Observasi Matahari di event PIF Himafi Neutron

Penampakan matahari melalui teleskop Astroclub Himafi Neutron

Kegiatan Astroclub Himafi Neutron ini sebenarnya menyesuaikan dengan kegiatan atau program kerja Himafi Neutron khususnya bidang 5 (riset & teknologi). Pengamatan berbagai peristiwa langit terbuka untuk umum, belajar tentang teleskop bagi warga Himafi Neutron, dan memberi pelajaran astronomi ke siswa-siswi sekolah. Selain menyesuaikan dengan program kerja Himafi Neutron, observasi non rutinan ini dilaksanakan sesuai dengan fenomena pada kalender astronomi, juga menyesuaikan dengan cuaca di daerah pengamatan. Titik pengamatan yang biasa kita gunakan sebagai lokasi pengamatan adalah alun-alun kota Jember, Lapangan Universitas Jember, dan Panggung Lukman Hakim FKIP Universitas Jember. Lokasi tersebut kita gunakan untuk memasyarakatkan astronomi serta memperkenalkan Astroclub Himafi Neutron.

Kegiatan pengamatan Fase Perbani Akhir di Alun-alun Kota Jember

Kegiatan observasi juga dilaksanakan tidak hanya oleh anggota komunitas, akan tetapi juga dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa pendidikan fisika yang sedang menempuh mata kuliah astronomi. Kegiatan observasi dilaksanakan sebagai wujud dari aplikasi materi yang telah didapatkan pada saat kuliah. Akan tetapi kegiatan pengamatan tersebut tetap dengan pengawasan dosen dan anggota bidang 5 sebagai penanggung jawab.

Pengamatan bulan oleh mahasiswa Fisika Angkatan 2017

c. Kalender Astronomi dan Peringatan Fenomena Alam

Program kerja Astroclub Himafi Neutron lainnya yaitu pembuatan kalender astronomi dan peringatan fenomena alam di sosial media Astroclub Himafi Neutron. Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali (untuk pembuatan kalender astronomi) dan peringatan fenoma tertentu sesuai dengan kalender yang ada.

Kalender Astronomi Astroclub Himafi Neutron

Pamflet peringatan fenomena Gerhana Bulan penumbra

d. Kegiatan Eksternal Astrclub

Kegiatan menarik lainnya dari Astroclub Himafi Neutron adalah kunjungan Astroclub di sekolah. Kegiatan tersebut mendapat respon baik dari guru dan dukungan dari dosen pendidikan fisika tentang melaksanakan visi misi Astroclub yaitu “Memasyarakatkan Astroclub Himafi Neutron” untuk melajar bersama tentang astronomi dengan mahasiswa pendidikan Fisika. Selain itu juga ada kegiatan kunjungan dan partisipasi di kegiatan Forum Komunitas Astronomi Lintas Jawa Timur (Fokalis Jatim).

Kegiatan kunjungan astronomi oleh SD Imam Syafi’i

Partisipasi Astroclub Himafi Neutron di acara Pale Blue Dot Fokalis Jatim

Dokumentasi Kegiatan Astroclub Himafi Neutron

Meet and Great dengan Anggota Baru Astroclub Himafi Neutron (2020)

Kegiatan Pale Blue Dot di LAPAN Pasuruan (2020)

Yuri’s Night di BPAA LAPAN Pasuruan (2019)

Kegiatan pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Banyuwangi (2019)

Kunjungan Astronomi oleh SD Imam Syafi’I di Universitas Jember (2019)

Positron tahun 2019

Peringatan fenomena astronomi (Gerhana Matahari Cincin Sebagian tahun 2020)

Astrofotografi