Archive by Author | fisika

Mahasiswa Fisika Juara Bridge, Lanjut ke Cina

Salah satu prestasi Mahasiswa Program Studi  Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu berhasil menjuarai laga Bridge dalam acara 22nd Asia Pasific Bridge Federation (APBF) Open Youth Championships. Pasangan Wisolus Sholihin (Pend. Fisika) dan Muh. Setyo menjadi juara kategori open youth pairs dalam ajang tersebut setelah mengalahkan pasangan Australia dan Tim Djarum lainnya. Setelah ajang 22nd APBF Open Youth Championship ini Wisolus Sholihin akan kembali bertanding dalam kejuaraan di Negeri Panda, Cina pada tanggal 8 – 18 Agustus 2018. Dalam kejuaraan tersebut Wisolus Sholihin mewakili Indonesia sebagai Atlet Bridge “17th World Youth Bridge Team Championships.

Fisika Lingkungan : D’Green Earth Community

Makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Kita tentu dapat membayangkan, apa yang terjadi jika seekor ikan dikeluarkan dari akuarium, kolam, atau sungai yang merupakan lingkungan hidupnya? Ikan tersebut akan mati. Hal itu terjadi karena tidak adanya unsur-unsur lingkungan yang mendukung kehidupan ikan tersebut. Meskipun lingkungan bersifat mendukung atau menyokong kehidupan makhluk hidup, namun perlu diingat bahwa tidak semua lingkungan di muka bumi ini memiliki keadaan yang ideal untuk kehidupan makhluk hidup. Dalam hal ini, Continue reading

Tasyakuran Yudisium

Tasyakuran merupakan kegiatan lepas pisah antara mahasiswa fisika yang akan wisuda dengan dosen-dosen yang ada di PS Pendidikan Fisika. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan yudisium di Fakultas.  Tasyakuran Yudisium secara rutin dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika setiap tahun, dimulai sejak periode pertama sampai sekarang. Kegiatan Tasyakuran Yudisium ini sebagai wujud salam perpisahan mahasiswa dengan PS Pendidikan Fisika. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa Prodi Fisika yang akan mengikuti prosesi Wisuda dari Pihak Universitas untuk memantapkan gelar secara resmi. Tasyakuran Yudisium tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Februari 2018 untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika yang akan mengikuti Prosesi Wisuda Peridode ke IV.

Pameran Pendidikan Fisika

fotoSABTU, 30 Mei 2015. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC)

Program Studi Pendidikan Fisika telah ikut berpartisipasi dalam acara pameran produk akademik. Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan dilaksanakannya Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC). Dipilihnya tema Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC), adalah dimaksudkan untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean. Sekaligus menunjukkan kesiapan Pendidikan Indonesia khususnya FKIP- Universitas Jember yang diwujudkan dalam pameran produk akademik.

Pameran produk akademik dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional yang bertempat di halaman Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Jember. Dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00. Peserta dari pameran ini adalah seluruh program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember. Setiap Program Studi (Prodi) berlomba-lomba untuk memamerkan produk akademik unggulan hasil karya mahasiswa dan dosen yang sesuai dengan disiplin ilmu tiap Prodi. Setiap Prodi disediakan stand pameran yang dapat di desain ulang sesuai dengan tema Continue reading

Pengukuhan Guru Besar Baru

Bertambah Lagi Guru Besar di Program Studi Pendidikan Fisika

c9149019ec290105065942dc44c66d84 Pada 21 Mei 2014 merupakan hari yang sangat istimewa bagi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Pada hari tersebut telah dikukuhkan dua dosen Pendidikan Fisika menjadi Guru Besar oleh Rektor Universitas Jember. Prof. Dr. Indrawati, M.Pd. dan Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. telah membuktikan kesungguhannya dalam bidang akademisi.  Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Indrawati, M.Pd. dengan judul “Model GI-GI: Implementasi Pendekatan Scientific dan Student-Centered Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi”. Melalui orasi ilmiah tersebut disampaikan bahwa model GI-GI dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang efektif dan efisien di perguruan tinggi. Penerapan model tersebut dapat mengembangkan keterampilan proses ilmiah, membentuk sikap ilmiah, mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Disisi lain Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. memberikan Orasi ilmiah dengan gaya yang khas. Orasi ilmiah tersebut mampu membangkitkan semangat segenap udangan yang hadir. Dengan gaya yang khas Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul” Multi Representasi Sebagai Pendekatan dalam Mengembangkan Bahan Ajar dan Pembelajaran.” Melalui orasi ilmiah tersebut menyatakan bahwa pengulangan tidak hanya dilakukan untuk maksud memperkuat ingatan informasi (konsep), tetapi pengulangan sebanarnya juga diperlukan untuk tujuan seni. Berdasarkan pernyataan tersebut beliau memiliki prestasi yang berbeda dari guru besar yang lain yaitu juara 1 lomba dangdut antar karyawan putra Hardiknas Universitas Jember th. 1999. Dengan demikian jumlah Guru Besar di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember secara keseluruhan berjumlah 3 Orang. Harapan kami semua semoga ilmu mereka bermanfaat untuk kemajuan bangsa yang kita cintai yaitu Indonesia.. (PDAP).